Server Pulsa & Counter Pulsa, samakah???

Posted: 21 Februari 2011 in Uncategorized

Terkadang kita bingung apakah yang membedakan antara server pulsa dengan counter pulsa. Cikal bakal munculnya server pulsa sendiri adalah counter pulsa. Sewaktu provider penyedia layanan telepon seluler masih sedikit maka pengisian pulsa dapat dilakukan oleh counter-counter pulsa melalui voucher fisik. Dengan kemajuan teknologi komunikasi dan internet serta pengguna telepon seluler semakin banyak, maka lambat laun metoda pengisian pulsa dengan menggunakan voucher fisik semakin ditinggalkan dan beralih melalui cara pengisian pulsa elektrik yang lebih efektif dan efesien.

Saat itulah titik tolak munculnya istilah server pulsa, dimana fungsi server pulsa sendiri pada dasarnya adalah membantu  counter pulsa itu sendiri dalam proses pengisian pulsa secara elektrik agar lebih efektif dan efesien. Dengan adanya server pulsa, maka counter pulsa tidak lagi harus menyediakan banyak ponsel yang diisi dengan banyak kartu perdana masing-masing provider. Counter pulsa hanya perlu menyediakan satu ponsel dan satu kartu perdana dengan provider apapun, sudah dapat melakukan pengisian pulsa ke all provider/operator penyedia jasa telepon seluler.

So,… mungkin ada yang bertanya lho..kok bisa ya???

Ok..kenapa bisa???karena yang menggunakan banyak ponsel dan banyak kartu perdana dari seluruh provider telepon seluler yang sebelumnya dilakukan oleh counter pulsa telah diambil alih oleh server pulsa. Makanya kenapa disebut server pulsa…ya… karena didalamnya menampung dan memproses seluruh data transaksi pengisian pulsa dari seluruh provider telepon seluler yang dilakukan oleh counter pulsa untuk selanjutnya oleh server pulsa dikirimkan ke masing-masing server dari provider telepon seluler. Dengan adanya Server pulsa yang didukung dengan sistem komputerisasi, jaringan, serta softwere yang telah teruji diharapkan pengisian pulsa elektrik ke konsumen lebih cepat dan efektif  daripada dengan sistem manual menggunakan banyak ponsel.

 

Komentar ditutup.